MANFAAT DAUN KELOR UNTUK KESEHATAN TUBUH KITA

Mungkin sebagian orang tidak asing lagi mengenal tanaman yang satu ini. Tanaman yang satu ini dijuluki tanaman berjuta khasiat karena ampuh mengobati berbagai jenis penyakit. Daun kelor memiliki daun berbentuk bulat lonjong yang berukuran kecil, walaupun memiliki ukuran yang kecil daun kelor memiliki manfaat penting bagi kesehatan tubuh. Namun kebanyakan orang tidak tahu bagaimana akan mengolah daun kelor tersebut untuk dijadikan obat. Tetapi sekarang banyak cara dalam mengkonsumsi daun kelor di antaranya mengolahnya menjadi masakan, bahkan ada yang membuat daun kelor menjadi jus yang enak tanpa bau getir. Berikut penjelasan mengenai manfaat daun kelor bagi kesehatan tubuh kita:

  • Membantu menurunkan kadar gula

Menurut dokter gizi senyawa asam chlorogenic yang terdapat dalam daun kelor terbukti mampu mengontrol kadar gula darah dan memungkinkan sel untuk mengambil atau melepaskan glukosa (gula) yang diperlukan. Sehingga daun kelor dapat dijadikan sebagai insulin alami untuk mengatasi diabetes, sehingga untuk penderita penyakit gula tidak usah repot-repot menyuntikkan obat gula setiap hari, kini sekarang anda tinggal mengkonsumsi daun kelor.

  • Mencegah penyakit jantung 

Para ahli gizi menemukan bahwa daun kelor mampu mencegah kerusakan jantung  dan memberikan manfaat antioksidan. Mengkonsumsi daun kelor setiap hari dapat melindungi jantung dari kerusakan struktural, yang akan mengakibatkan seseorang mengalami serangan jantung secara tiba-tiba.

  • Menghilangkan flek pada wajah

Beberapa negara telah menguji bahwa ekstrak daun kelor sudah digunakan sebagai bahan baku pembuatan kosmetik bagi kulit. Bagian tanaman kelor yang banyak digunakan untuk kulit yaitu pada bagian kulit batang, daun, bunga dan biji. Daun kelor mengandung nutrisi nutrisi seperti kalsium dan mineral seperti tembaga, besi, seng, magnesium, silikat dan mangan. Daun kelor juga dapat menjadi pelembab alami memiliki kegunaan untuk mengatasi sel kulit mati dan membersihkan kulit.

  • Menjaga berat badan agar tetap ideal 

Para ahli menemukan bahwa mengkonsumsi daun kelor menjadikan teh kelor membantu untuk menangani masalah pencernaan tubuh kita, yang bermanfaat untuk merangsang metabolisme tubuh agar optimal dalam membakar kalori jahat. The daun kelor mengandung polyphenol yang tinggi yang bekerja sebagai antioksidan. Manfaat antioksidan untuk menetralkan di dalam tubuh, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

  • Memperlambat penuaan dini

Para peneliti menguji daun kelor apakah benar daun kelor memang berkhasiat dalam memperlambat penuaan dini, ternyata hasil uji yang dilakukan memang benar bahwa bila kita mengkonsumsi daun kelor dapat menghambat kerutan di dalam tubuh sehingga memperlambat penuaan dini. Suplementasi daun kelor dan bayam menyebabkan peningkatan yang signifikan senyawa antioksidan yang berperan penting dalam memperlambat efek penuaan.

  • Mengobati penyakit rematik 

Daun kelor dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit rematik. penggunaan daun kelor dalam pengobatan rematik yang digunakan untuk mengurangi rasa sakit pada sendi dan mengurangi penumpukan asam urat pada sendi. Manfaat daun kelor ini bisa dimanfaatkan untuk penyakit rematik, pegal linu, nyeri dan masih banyak lagi.

  • Anti kanker

Ekstrak kelor mampu mencegah pertumbuhan dan reproduksi sel-sel kanker dalam tubuh kita. Peneliti menyimpulkan bahwa daun kelor menunjukkan potensi pencegahan alami kanker. Antioksidan di dalam daun kelor sangat tinggi, selain itu kandungan potasium yang tinggi membuat daun kelor memiliki khasiat untuk memperlambat bahkan menghilangkan kanker di dalam tubuh kita.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close